Beberapa Keutamaan dan Keberkahan Hari Senin dan kamis

BEBERAPA KEUTAMAAN DAN KEBERKAHAN

HARI SENIN DAN KAMIS

Oleh : Dr. Nashir bin Abdirrahman bin Muhammad al Juda’i

Download PDF

1.       Diantara keutamaan dan keberkahannya, bahwa pintu-pintu surga di buka pada dua hari tersebut, yaitu Senin dan Kamis. Pada saat inilah orang-orang Mukmin diampuni, kecuali dua orang Mukmin yang sedang bermusuhan.

Dalil yang menguatkan hal ini adalah hadits yang termaktub dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Keutamaan dan keberkahan berikutnya, bahwa amal-amal manusia diperiksa di hadapan Alloh pada kedua hari ini. Sebagaimana yang terdapat dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam. Beliau bersabda:

Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Alloh dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang di antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

Karena itu, selayaknya bagi seorang Muslim untuk menjauhkan diri dari memusuhi saudaranya sesame Muslim, atau memutuskan hubungan dengannya, ataupun tidak memperdulikannya dan sifat-sifat tercela lainnya, sehingga kebaikan yang besar dari Allah Ta’ala ini tidak luput darinya.

2.     Keutamaan hari Senin dan Kamis yang lainnya, bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias berpuasa pada kedua hari ini.

Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, ia mengatakan,

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis”. (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad)

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam menyampaikan alasan puasanya pada kedua hari ini dengan sabdanya,

Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At Tirmidzi dan lainnya)

Dalam shahih Muslim dari hadits Abu Qatadah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam pernah ditanya tentang puasa hari Senin, beliau Shalallahu ‘alaihi wassalam menjawab,

Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Al-Qur’an kepadaku pada hari tersebut.” (HR.Muslim)

Ash-Shan’ani rahimahullah berkata, “Tidak ada kontradiksi antara dua alasan tersebut.” (Lihat Subulus Salam)

Berdasarkan hadits-hadits di atas maka di sunnahkan bagi seorang Muslim untuk berpuasa pada dua hari ini, sebagai puasa tathawwu’ (sunnah).

3.       Keutamaan lain yang dimiliki hari Kamis, bahwa kebanyakan perjalanan (safar) Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam terjadi pada hari Kamis ini.

Beliau menyukai keluar untuk bepergian pada hari Kamis. Sebagaimana tercantum dalam Shahih Bukhari bahwa Ka’ab bin Malik radhiallahu ‘anhu mengatakan:

Sangat jarang Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis.”

Dalam riwayat lain juga dari Ka’ab bin Malik radhiallahu ‘anhu:

Bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (menang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” (HR.Bukhori)

Di nukil dari Kitab “Amalan dan Waktu yang Diberkahi”, penulis: Dr. Nashir bin Abdirrahman bin Muhammad al-Juda’i, penerbit Pustaka Ibnu Katsir

About these ads

25 Tanggapan

  1. Sungguh hari senin dan kamis adalah hari yg mulia maka selayaknya bagi yg menginginkan kemuliaan agar memanfaatkan dg memperbanyak ibadah sunnah spt puasa senin dan kamis,semoga mendapatkan keutamaan disisi ALLOH ta’ala amîn.

    • salah satu bukti manusia untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT, yaitu dengan melaksanakan puasa pada hari senin dan kamis

  2. terimakasih,jadi tambah semangat puasa senin-kamis ku

  3. insya’allah semua memang benar dan dengan izin Allah pula telah banyak yang mengalaminya, kemudahan dalam menjalani hidup, hidayah dalam setiap langkah banyak sekali terdapat didalamnya

  4. Dgn ini mari kt sm” berniat kerna mencari ridhoNYA (padi kt tanam rumput ikutan numbuh,kalo rumput yg dtanam padi tdk ikut numbuh) yok puasa dgn syahadat yg benar.

  5. sMGA Qta Mnjd Orng2 yg Drahmati Allah dgan mnjalankan Puasa Senin KaMis!!! Wallahu A’Lam. Allahu Akbar!

  6. Apakah puasa Senin dan Kemis juga merupakan sarana untuk mebuka rizki Alloh ?
    Tks.

  7. Subhanallah yaaaa…. moga qta diberi kekuatan mnjalankn puasa senin kamis, dan moga2 ruh qta dicabut ketika qta dlam berpuasa senin kamis. amin3x.

  8. Alhamdulillah, dengan puasa senin kamis juga bisa melatih kesabaran,.

  9. syukron… mudah2an …hari2 yang kita lalui akan menjadi lebih baik … amien

  10. Hadist Nabi : 2 Kebahagiaan org Puasa : 1.Bahagia saat berbuka puasa. 2.Di Akherat dapat berjumpa dengan Allah SWT atau Dapat melihat wajah yg kita Rindukan yaitu: Allah SWT (Pengatur Alam semesta).
    -Melatih Hawa Nafsu
    -Wafat sedang Puasa
    -Belajar Sabar. org Sabar masuk surga tanpa hisab. (Al-Quran).

  11. sy jd lbih tau nih mkna hr snin.. mari kita katakan: i like monday..

  12. Dengan nikmat sekian banyak yg dberikan pd kita, tentunya harus bersyukur dan lebih mendekatkan diri kepada-NYA salah satunya dengan melakukan puasa sunnah Senin dan Kamis…

  13. alhamdlh…..jadi lebih ringan melaksanakannya.

  14. Alhamdullilah, Bisa lebih yakin menerapkannya,trutama bagi saya yg sedang dlm pendidikan.

  15. yaudah jalane aje apa ada nya

  16. beribadah niat karna Allah SWT, dgn berpuasa sunnah senin dan kamis…akan lebih menentramkan jiwa…niat hanya karna Allah…

  17. beribadah niat karna Allah SWT, dgn berpuasa sunnah senin dan kamis…akan lebih menentramkan jiwa…niat hanya karna Allah…

  18. Marilah kita mencoba prilaku Rasul SAW tentang puasa Senin dan Kamis, kuatkan iman ini untuk selalu istiqomah

  19. assalamu’alaikum warahmatullah..
    Afwan,sy mw b’tax..
    Bgmn klau waktu puasa senin-kamis b’smaan dgn hr puasa daud?
    Mksudx,misal hr senin sy mw puasa senin-kamis,kbtulan hr senin itu jg b’tepatan dgn jadwal puasa daud,yg ingn sy txakn apakh ke-2 puasa sunnah t’sbut bs d gabungkan atw tdak?
    Tlg djwb & dsertakn dgn dalilnya..
    Syukran..

  20. subhanallah…..

  21. makasih atas informasinya smoga inibermanfaat bagi saya

  22. Subhanallah…
    Smoga kita smua diberikan kekuatn untuk melaksanakan sunah puasa senin kamis.

  23. terimakasih atas nasehaty. ,

    boleh di copy dan di publikasikan ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: